Kamis, 15 Januari 2009

Obat Ditolak SNMPTN....

Waaahhhh yang namanya ditolak, pasti gak enak banged yaa... Entah itu ditolak pacar atau ditolak yang lainnya. Nahhh buat anak2 kelas 3 SMA yang ikut SPMB atau tes masuk universitas negeri pasti ga enak donk kalo kita ga ketrima..sediihhh...berasa usaha kita nothing dan sebagainya lahhh...

Well,, sebesar apa pun rasa kecewa kita jangan sampai berlarut-larut lahh... Ingat kita masih punya kesempatan... Ayo bangkit dan kejar kembali impian yang tertunda itu....
Ini nih tips nyaaa......Simak yaaahh!!

BIMBEL LEBIH SERIUS
Karena sudah lepas dari sekolah, bimbel adalah sarana yang tepat untuk terus up-to-date tentang soal-soal ujian. Enaknya, sekarang sudah banyak bimbel yang memfokuskan diri pada ujian dari beberapa universitas favorit.


BIKIN GRUP BELAJAR
Kumpulkan teman-teman yang ikut di berbagai bimbel. Dengan begitu, kita jadi punya lebih banyak referensi pelajaran, dengan metode yang variatif pula. Buat pertemuan rutin untuk belajar bareng dan mendiskusikan soal-soal yang sudah diajarkan. Cara ini cukup efektif untuk menyegarkan kembali ingatan kita lowh!

LES BAHASA ASING
Ikutan kursus bahasa asing bisa jadi referensi tambahan bagi kita unutk menambah pilihan terhadap jurusan kuliah nanti. Walaupun materi bahasa asing gak begitu banyak keluar di soal-soal SNMPTN, tapi tetep bisa memperkaya ilmu kita kan??!!

CARI-CARI WORKSHOP
Supaya otak gak lelah karena terus-terusan belajar, imbangi juga dengan ikutan workshop seru. Misalnya workshop bikin film atau workshop animasi. Mungkin dari workshop ini kita malah jadi menemukan bakat baru yang selama ini tersembunyi yang bisa jadi alternatif tentang pilihan jurusan impian.


GALI JURUSAN LAIN
Kadang, kita memilih suatu jurusan karena punya impian bekerja di bidang favorit. Nah, coba deh telusuri lebih dalam tentang seluk-beluk pekerjaan impian itu. Mungkin jenis pekerjaan itu sebenarnya bisa dicapai dengan mengikuti jurusan kuliah lain yang gak terlalu diminati, tapi ternyata menjanjikan prospek yang sama-sama cerah. Peluang diterima pun bisa jadi lebih besar kan... Jadi, jurusan alternatif ini bisa jadi pilihan baru kita saat ikut SNMPTN.


BANYAK BERDOA
Meski terdengar klise, tapi faktor keberuntungan juga berpengaruh dalam proses penyaringan soal. Bayangkan, siapa tahu kita sudah mengerjakan soal-soal dengan benar tapi lembar jawabannya tidak bisa terbaca di komputer. Atau lembar jawaban itu ketumpahan air dan ga bisa diperiksa. Nah, cuma mukjizat yang bisa mengubah keadaan ini kan ??!!

TIDUR dan OLAHRAGA
Tidur dan olahraga ternyata punya manfaat besar untuk kekuatan otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ronald S. Duman dari Yale University di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa olahraga bisa mengubah mood dan melepaskan depresi. Sehingga setelah olahraga, otak kita siap sedia untuk diberi pelajaran baru. Sementara itu, kekurangan jam tidur akan menghambat kemampuan berpikir kita. So, kalau mau menjawab ujian dengan lancar, kurangi nongkrong sampai malam di mall. Mendingan tingkatkan stamina dengan nge-gym atau olahraga lainnya juga tidur dengan teratur.


5 komentar:

  1. ea ea ea adriana berbagi tips niyeee :p

    aniwey badewey makan somey di buswey..

    gagal di umptn ga usa bsedih kawan2..
    ibarat pepatah..banyak jalan menuju roma.

    swasta ga ada salahnya kok. banyak universitas swasta yang kualitasnya nga kalah dari negeri.

    negeri skarang mahal2 juga lowh...
    so kembali ke kamu lagi..
    cpat ambil kputusan jgn buang2 usia muda mu..

    tentang kesuksesan kerja nih..
    sbnernya kerja itu nga memandang bulu negeri ata swasta..

    catatan penting yang perlu di perhatikan.
    perbanyaklah teman bergaulmu.
    soalnya dengan banyaknya pergaulan. makin besar juga pluang kamu dalam mendapat kan kerja.

    oyi lupa neh driana...kunjungi blog pribadi fuda yaah.. fuda juga lupa bkunjung dsini gara2 sibuk di blogpersonal ahahaha

    BalasHapus
  2. waww~~ bagi2 tips nih,thanks yach tipsnya ^^

    BalasHapus
  3. KLo saya mah,,

    Gak lulus SNMPTN gak masalah..:)

    Masih banyak univ swasta yang gak kalah bagus, dengan biaya yang gak kalah bersaing..:)

    BalasHapus
  4. betul nduuuu!!!
    saya juga setujuuuuuuuuuu!!!!

    BalasHapus
  5. ssssiiiiippppp,,ini menyemangati sy yang gagal di SNMPTN ato kl di jaman sy SPMB.jadi kl tahun ini gagal lagi, sy gak ragu untuk ambil swasta.
    makasih yah mbak adriana atas tipsnya :)

    BalasHapus