Jumat, 26 Desember 2008

Psi. Remaja - Masalah Pubertas


Pubertas biasanya dialami dalam masa-masa remaja.Dan biasanya juga, remaja suka punya banyak pertanyaan nih tentang perubahan-perubahan yang mereka alami...
Nah berikut ini ada beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyain remaja seputar masalah pubertas....Mungkin kita bukan remaja lagi..Tapi gak ada salahnya juga lowh kalo kita simak pertanyaan-pertanyaan mereka. Siapa tau berguna gitu buat kita yang dah gak remaja lagi....ya kan?? Silahkan disimak! =)



Apakah gara2 puber ada rasa cemburu ?

Punya rasa cemburu sama orang lain berarti kita ingin agar perhatian orang yang bersangkutan hanya untuk kita. Adanya rasa bingung itu biasanya normal saja. Itu berarti kita ingin merasa tenang karena yakin akan ada seseorang yang selalu bisa kita andalkan sewaktu kita membutuhkan pertolongan dan dukungan ekstra besar.Merasa kesal karena pacar sepertinya tak punya perasaan sama dengan kita, itu juga merupakan reaksi emosi yang normal. Cuma jangan lupa, meskipun dia gak ngomong apa2 soal perasaannya, bukan tidak mungkin dia juga punya perasaan yang sama.



Kapan sih sebaiknya kita menggunakan bra?

Pertumbuhan payudara dimulai ketika di daerah sekitar bawah niple mulai terlihat lingkaran kecil. Lama-kelamaan lingkaran ini membesar sampai akhirnya seluruh area payudara pun membesar. Periode pertumbuhan payudara ini ternyata gak sam buat setiap cewek. Menggunakan bra sebenarnya bukan keharusan. Cuma kita perlu menggunakan bra untuk menjaga bentuk payudara. Lagipula, malu lagii kalo ternyata payudara kita kelihatan kemana-mana...Iiiiccchhhh...Ada banyak bra yang bisa dipake. Ada macem-macem juga ukurannya, ada yang pake tambahan busa, ukuran cup nya juga beda2, ada juga sport bra yang bisa menahan payudara dengan nyaman, sampai training bra yang cocok banget buat payudara yang baru tumbuh. Nahh,, ketika kita udah merasa pas menggunakan bra, diskusiin dulu sama nyokap atau sama perempuan lain yang lebih berpengalaman karena kan mereka uda ngelewatin masa2 ini. Inget juga, dalam memilih bra jangan pilih yang terlalu ketat. Tali bra yang terlalu kuat mengikat di bahu kita bisa menyebabkan rasa sakit di leher, punggung, dan bahkan lengan kita. So,,teliti memilih! =P


Kenapa sih kita gak bisa lagi curhat dan ngobrol banyak hal sama ortu?

Jawabannya singkat sbenernya : MASIH BISA kok...!! Mau tau rahasia ortu? Ternyata ortu juga punya beberapa masalah yang sama dengan kita waktu harus menghadapi kita2 yang lagi puber ini. Misalnya, ketika mereka tiba2 ngerasa kalo mereka tuh uda tua... Kadang mereka juga ngerasa nervous tentang bentuk hubungan bagaimana yang seharusnya terjadi antara mereka sebagai ortu dan kita yang sudah bukan anak kecil lagi. Mereka juga kadang merasa perlu untuk tahu langsung dari kita mengenai apa saja yang kita rasakan. Ini semua karena mereka, para ortu, masih khawatir kalo kita belum bisa menjaga diri sendiri sebaik mereka menjaga kita waktu kecil.

Well, apa pun itu, ortu selalu ingin anaknya selamat, bebas dari berbagai masalah. Mungkin mereka juga khawatir kalo kita ngelakuin kesalahan yang sama seperti yang mereka alamin waktu mereka puber. Nahh..point-nya adalah kita mesti bisa ngomong sama ortu dan orang dewasa lainnya. Kita bisa bikin kesepakatan tentang apa yang boleh dan gak boleh dilakukan dan yang paling penting adalah gimana bisa jaga komunikasi satu sama lain. Gak ada salahnya kok kalo kita ungkapin perasaan dan pikiran kita. Kita bisa omongin bareng2 dan dengerin juga apa yang ortu mau.


Bagaimana caranya mengenali saat2 akan mendapat menstruasi pertama kali?

Pertama, tanyakan kepada nyokap kapan beliau mendapat mens pertama. Besar kemungkinan kita juga akan mendapat mens pertama sama seperti ibu kita mendapatkan mens pertamanya. Buat patokan, biasanya menstruasi dimulai kira2 1-1,5 tahun sesudah pertumbuhan payudara dimulai.


Bagaimana kalau kita mendapat mens pertama, tapi gak di rumah?

Jangan panik!!!!! Menstruasi pertama biasanya tidak seperti air bah. Kita jadi punya kesempatan untuk bilang ke guru (misalnya lagi di sekolah) atau mungkin sempet juga telvon nyokap untuk bilang dan minta dijemput. Nah sejak, menstruasi pertama ini, jangan lupa untuk selalu menyisakan satu pembalut wanita di dalam tas kita.


Kapan sih pubertas ini berhenti?

Biasanya sih pubertas ini hanya berlangsung beberapa tahun sampai semua perubahan yang terjadi pada tubuh kita ini stabil. Badan kita akan menjadi benar2 seperti badan orang dewasa, hanya beberapa tahun setelah tubuh kita mencapai tinggi badan optimal pada unur 17tahun (dan cowok umur 19 tahun).


Kenapa sih aku paling gede/kecil di kelas?

Tidak semua orang mulai puber pada saat yang sama atau dengan pertumbuhan yang sama. Ada yang masa pubernya awal banget, ada juga yang pubernya justru terlambat banget. Nah kalau misalnya ada teman yang badannya tinggi banget, padahal umurnya masih 7 tahun, perhatiin deh, waktu dia umur 10 tahun, biasanya tinggi badannya jadi sama seperti teman-teman lainnya. Kalau kita bener2 penasaran dengan periode pubertas, coba deh tanyain bokap-nyokap kapan sih periode pubertas mereka. Sama seperti menstruasi, periode pubertas biasanya gak beda jauh sama periode mereka.


Kok suaranya jadi cempreng?

Kita semua biasa mengamati pertumbuhan badan yang terjadi di luar tubuh kita, seperti tinggi badan, bulu2, lekukan2 tubuh. Tapi kita gak biasa mengamati perubahan2 yang terjadi di dalam tubuh kita. Begitu banyak anak laki2 mulai puber, pita suaranya juga mulai tumbuh. Pertumbuhan ini menyebabkan nada suaranya juga berubah. nada suara kita yang sedang puber ini jadi makin rendah, sementara suara yang keluar tetap seperti suara anak kecil. Kadang suara kita jadi seperti pecah waktu sedang ngobrol, jadi cempreng. Jangan takut, perubahan ini pasti akan menjadi lebih baik.


3 komentar:

  1. wuihhhh,,mantafff abiss dan berbobot banget,,kudu dibaca semua kalangan neh.hehehe

    BalasHapus
  2. woooo..kebanyakan gejala cewek2nya adriana
    gejala cowoknya mana ? @_@ .

    Sbenarnya apasih tanda2 cowok puber.

    1. Buah Jakun yang membesar
    2. Suara jadi nge bas..
    3. dada menjadi lebih bidang dari anak2 normal lainnya
    4. Tumbuhnya lebatnya kumis dan jenggot dan yang lainnya.

    Apakah Mimpi basah merupakan tanda pria puber

    Mimpi basah adalah keluarnya sperma waktu mimpi. Biasanya terjadi karena kantong sperma sudah penuh sehingga mudah terdorong keluar saat terangsang dalam mimpi. Seringnya mimpi basah tergantung pada seringnya kantong sperma penuh. Artinya produksi sperma terlalu banyak, mungkin karena kurang berolah raga, makan terlalu banyak, atau sering merangsang diri sendiri, nonton film romantis dan lain lain makin banyak produksi , makin sering mimpi basah.

    Tapi ternyata Hal itu tidak hanya terjadi pada co saja kok.. so tergantung dari opini kamu masing2..

    Ok nga driana.. ehehe keep posting yha..

    BalasHapus
  3. begindang lohh...
    ini kan sbenarnya adalah FAQ alias Frequently Asked Questions yang dilakukan remaja.. Nahh biasanya tuh remaja cowo jarang nanya2 beginian...hehe,,,
    jadi emang keliatannya kebanyakan pertanyaan yg buat remaja cewek...
    tapi soal mimpi basah yang di remaja cowo bisa di posting juga kok...tenang sajaa!!
    nanti menyusul...siipp dehhh!thank youu fudaaa ;))

    BalasHapus