Jumat, 19 Desember 2008

Game-Online dan Remaja Pria

This is my first post....

Just want to share my experience with my last task.....take home exam, exactly....Psikologi Remaja....

Take Home Exam terakhir yang membuat saya sedikit bingung dan butuh ide banyak adalah Psikologi Remaja....
Salah satu yang masih tetap saya ingat pertanyaannya adalah.....
"Jika anda memiliki kesempatan untuk meneliti remaja, apakah yang akan anda teliti....?"


Lalu saya bingung dan memikirkan.....'apa yang mau saya teliti yaa??'
Dan tiba-tiba ada ide cemerlang datang dari orang yang cukup spesial buat saya....hehe..spesial banged deee....hehe...yaitu tentang : Pengaruh Game-Online terhadap Remaja Pria....

Waww,,,BRILIANT!!! Jarang dibahas dan terkadang terlupakan jika bicara seputar remaja. Karena pasti kalo ngomongin remaja tuh yang kita inget cuma fashion, remaja suka membangkang, remaja konsumtif dan lain-lain....dan sebenernya, ketagihan game-online itu kan juga sebuah bentuk dari tindakan konsumtif remaja....terutama remaja cowok...

Di Kuliah yang gw ikutin, topik ini tidak dibahas secara spesifik. Namun, topik ini masuk bahasan kuliah yang berjudul : Perkembangan Teknologi dan Remaja. Yang kebanyakan dibahas di kuliah ini adalah dampak teknologi TV dan komputer bersama game-game nya cuma sedikit. Naaahh makanya saya tertarik euyyyy meneliti ini...kalo ada kesempatan....hehehe

Nah kenapa saya pikir penting meneliti ituuuuu???

satu....
karenaa berdasarkan cerita-cerita yang saya denger nihh dari orang-orang sekitar saya, katanya anak-anak gamers ini bisa menghabiskan seluruh waktunya di warnet. Kalo menreka sekolajh, yaaa, sisa waktu pulang sekolah mereka pake buat bermain di warnet...Kebayang donk gimana akibatnya kalo seharian gak pulang-pulang begitu....hehehehe....dan bahkan katanya, mereka bisa ampe nginep loh kalo liburan sekolah....CADASSS!!!!hheee,,,
Hal ini tentunya berhubungan dengan nilai akademik mereka. Banyak diantara mereka menjadi tinggal kelas, bahkan tidak melanjutkan sekolah lagi karena sudah terlalu tertinggal pelajarannya. Waaahh, peran orang tua perlu banget niihh....

keduaa....
ini merupakan sebuah tindakan konsumtif juga, bukan? Bukan cuma remaja cewe yang demen belanja, ampe beratus-ratus ribu di MangDu, Melawai (ehh udha digusurr yaaa??hehe), ITC Kuningan, atau ITC2 lainnya... Tapi maen game berjam-jam ini juga bayar lowh! yaiyalahhhh.....

ketigaa...
merusak kesehatan mata cuyy dan kesehatan bagian tubuh lainnya. Kita seharian penuh, berjam-jam di depan komputer, apalagi kadang ruang yang disediakan warnet tuh gelap biar nambah sensasi...hehe..nambah sensasi sihh, tapi bikin mata sakit...Selain itu, ada cerita nih dari seorang teman, ada tuh remaja yang ampe pingsan di warnet dan digotong sama orang-orang sewarnet gara-gara ga makan seharian...paraahhhh....

Keempat...
remaja-remaja cowo itu jadi bergaul sama yang itu-itu doank....dia ga bisa melakukan kegiatan lain di dunia luar karena kayaknya dunianya cuma warnet itu aja....hehhee..

nahhh..mungkin itu sih yang saya pertimbangin..Tapi itu kan hanya kita lihat sebagai dampak negatifnya tuh..
Perkembangan teknologi kan ga melulu membawa dampak negatif.... Mungkin saja ada dampak positif dari game-online ini...
Makanya, jika penelitian ini dijalankan....mungkin kita bisa melihat dengan lebih netral...
Kalo Game-Online yang digandrungi oleh para remaja pria ituuu adalah game yang selalu merugikan dan membawa dampak negatif.....

yaa gak?hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar