Kamis, 21 Januari 2010

Sepele sih, tapi MENGGANGGU juga!

Banyak hal-hal sepele dalam keseharian kita yang mungkin kadang kita ga sadar kalo itu tuh mengganggu...Nahh coba di cek beberapa hal di bawah ini...Hal-hal yang keliatannya sepele banget, tapi ternyata mengganggu juga loh...

CEGUKAN
disebut juga Hiccup, dalam bahasa medisnya disebut Singultus.
Kenapa sih bisa cegukan? kalo secara medis, cegukan tuh disebabkan oleh kontraksi sekat rongga tubuh (diafragma) yang terjadi secara mendadak. Atau, singkatnya tuh terjadi keram pada otot diafragma dan otot-otot antara tulang iga saat kita bernafas.



Penyebab lainnya adalah kita makan terlalu cepat, minum air dingin abis makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, menurunnya jumlah CO2 dalam darah, atau kelebihan minuman beralkohol.
*akhirnya gw menemukan penyebab cegukan..karna slama ini gw cegukan mulu..dan ternyata emang ga jauh2 dr makan dan ketawa...yahhh cape deh??!!*

Cara nyembuhinnya, biasanya bakalan brenti sendiri, tapi dalam waktu 1-2 jam. Tapi mau gak sih lo cegukan mulu selama sejam-an gitu..ogah deh!nah, makanya lakukan langkah berikut aja nih...
  • minum air hangat
  • berbaringlah dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut
  • tarik dan buang nafas, kemudian tampung di dalam kantong atau kertas tertutup selama sekitar satu menit untuk menahan dan meningkatkan CO2 dalam darah. *agak rempong ya yang ini...*
  • mengunyah roti kering atau es batu yang diserut.


KESEMUTAN
nama lainnya keren nih... Parestesia.



Penyebabnya adalah syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan yang menyebabkan aliran darah gak lancar. Misalnya tuh waktu kita menekuk kaki terlalu lama, salah posisi duduk, atau otot yang tegang. Terussss, yang horor-nya nih katanya kesemutan ini tuh bisa menjadi tanda penyakit serius, seperti diabetes melitus, radang sumsum tulang belakang, penyakit jantung, rematik, atau Carpal Tunnel Syndrome yang biasanya menyerang ujung jari!! hiiii..serem yahh..

Cara nyembuhinnya, umumnya kesemutan ilang kalo bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan atau dengan pemijatan untuk memperlancar aliran darah yang mampet. *biasanya kalo kesemutan, kesenggol dikit aja gimanaaa gitu rasanya yaa...*. Tapi, kalo kesemutan gak ilang selama berhari-hari, bahkan mungkin merambat ke bagian yang lebih luas dan berubah menjadi rasa kebal, mau gak mau ya mesti ke dokter!serem dehh ah...

KRAM OTOT
dalam bahasa Inggris disebut cramp... *jadi agak elit sedikit yang bahasanya..haha*.



Penyebabnya tuh ga diketahui pasti gimana kram otot bisa timbul. Kabarnya sih, kram disebabkan karna hawa dingin, kurang pemanasan saat akan berolahraga, kelelahan, atau suplai darah yang kurang dibandingkan dengan kebutuhan. Saat tubuh kekurangan cairan dan vitamin B1, B5, B6, juga akan membuat kita sering kram.
Cara nyembuhinnya adalah dengan melakukan peregangan sebelum berolahraga. Selain itu pemijatan pada otot yang kram, mengompresnya dengan air hangat, lalu mengoleskan krim khusus untuk otot yang mengandung methyl salicylat dan menthol juga akan meredakan otot yang tegang. Jangan lupa juga banyak minum air putih untuk mengganti cairan yang hilang.

MATA KEDUTAN
nama kerennya Fasciculation..sebenernya ini merupakan kontraksi spontan sekelompok serabut otot yang terlihat seperti desiran-desiran gerakan otot di bawah kulit. Ini juga merupakan kedutan jinak yang gak membahayakan.



Penyebabnya adalah kelelahan pada mata, stres, flu, atau gangguan metabolik lainnya.

Cara nyembuhinnya, biasanya bisa berenti dengan sendirinya. tapi kalo mengganggu, bisa aja kita mengompres mata kita dengan air hangat atau dengan ketimun dingin. Yang pasti, kedutan itu pertanda bahwa tubuh dan mata sedang butuh beristirahat...

TELINGA BERDENGING
kalo kata orang-orang, artinya kita lagi digosipin.haha.tapi nyatanya ada loh penjelasannya secara medis, bahkan telinga berdenging ini punya nama keren, yaitu Tinitus.



Penyebabnya ada gangguan keseimbangan cairan dalam telinga, infeksi telinga, atau bahkan penyakit yang menyerang tulang-tulang pendengaran dan gendang telinga. Pada kasus yang lebih berat, tinitus ternyata bisa juga disebabkan oleh rusaknya ujung syaraf pada telinga bagian dalam! waduh!

Cara nyembuhinnya.....hmm untuk beberapa kasus, penyebab tinitus tuh gak terdeteksi, tapi banyak cara untuk mencegahnya. Waktu kita bersihin telinga, gunakan cotton bud yang ukuran kapasnya pas dengan diameter liang telinga kita. Kapas yang terlalu besar malah akan mendorong kotoran telinga ke bagian yang lebih dalam dan bisa menempel di gendang telinga. Jangan lupa juga memakai penutup telinga kalo terpaksa berada di lingkungan yang bising. Yang gak kalah pentingnya nih, hindari kopi dan rokok yang bisa merangsang syaraf.

sumber: GADIS no.32 Desember 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar